Sate Hadori

Wawan Hadori dan istri, Wati Dinyati

CABANG USAHA
-Jl. Stasiun Timur 11-12 Bandung
-Metro Indah Mall Blok D 12 Jl. Soekarno Hatta 590 Bandung
-Jl. Lemahnendeut 8 Bandung
-Jl. Ir. H. Djuanda 50 (The Kiosk) Bandung
-Jl. Setiabudhi 46 (The Kiosk) Bandung
-Pasaraya Grande LG W19, Jl. Iskandarsyah Raya, Jakarta Selatan

GOSIPNYA
Usaha sate dimulai oleh Inung dan istrinya Una ketika Indonesia masih dijajah Jepang. Mereka kerap mengungsi karena tidak pernah ada tempat yang aman saat itu. GOSIPNYA karena dianggap praktis, mereka berjualan sate kambing untuk bertahan hidup.

Di Pasar Baru Garut mereka membuka dua kios yang salah satunya digunakan untuk berjualan sate. Setelah perang usai, tahun 1950 mereka mengungsi ke Bandung dan berjualan sate di Tegallega.

Suatu waktu ada seorang teman yang mengajak untuk berjualan di stasiun kereta api yang saat itu masih menjadi terminal bus. Inung berjualan sate dengan gerobak dorong. Pembeli sangat banyak saat itu.

Suatu saat seorang temannya menjual kiosnya berukuran 4x4 meter padanya dan membuat jualannya makin ramai. Tahun 1962 Inung meninggal dunia dan usahanya dilanjutkan oleh anaknya, Hadori sehingga nama Sate Inung pun berubah menjadi Sate Hadori. Tahun 1965 stasiun dipugar dan ada yang menjual kios pada Hadori sehingga ukuran kios Hadori menjadi 16x4 meter hingga kini.

Tahun 1990 Hadori meninggal dunia. Hadori memiliki empat orang putra dan usahanya dilanjutkan oleh putra pertamanya yaitu Wawan Hadori. Sate Hadori buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 2 dini hari. Setiap harinya rata-rata disediakan 70 kilogram daging kambing, sapi dan ayam. Salah satu keistimewaan sate ini adalah pemakaian kambing betina berusia 1-1,5 tahun. Selain itu, Sate Hadori punya menu favorit yaitu sate sineureut, yaitu sate super empuk yang terbuat dari has dalam kambing.


Pada 10 November 2018 Presiden Jokowi berkunjung ke Bandung untuk memperingati Hari Pahlawan. Jokowi pun menyempatkan diri mampir ke Sate Hadori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.