Etcetera

Inge Mariana Wawo Unsulangi bersama anaknya

GOSIPNYA
Sejak kecil Inge sudah menyiram berbagai olahan daging, terutama steak dengan komposisi yang seimbang. Hal itulah yang membuat sausnya menjadi bumbu andalan di kafe dan resto steak Etcetera miliknya di Jalan Trunojoyo 40, Bandung. Inge yang berasal dari keluarga Manado menekuni kegemarannya memasak dengan belajar di sebuah sekolah kuliner di Singapura.

Etcetera yang berdiri sejak tahun 2000 awalnya dibuka seperti warung steak pinggir jalan, terletak di halaman sebuah rumah di Jalan Trunojoyo. Sekarang lokasi awalnya itu terletak di seberang tempat usaha itu kini berada. Menurut kakaknya, Charles, mereka sempat kaget karena tempatnya kerap disesaki pembeli hingga ada yang terpaksa makan di dalam mobil. GOSIPNYA sebagian lagi hanya bisa membungkusnya untuk dibawa pulang.

Pindah ke tempat baru, bentuk awal rumah tinggal dengan konsep warung berubah menjadi restoran fine dining. Muncul kesan eksklusif dengan harga mahal dan sejak itu pelanggannya mulai berkurang, terutama dari kalangan mahasiswa yang kerap nongkrong. Untuk mengembalikan citranya di masa awal, Etcetera menyuguhkan kembali sejumlah menu klasik seperti Chicken Steak, Chicken Cordon Blue dan lainnya.

Untuk setiap daging steak, Etcetera menyajikannya dalam porsi sama: 120 gram. Agar empuk dan wangi, pemanggangan memakai arang. Walau harus rajin mengontrol agar kematangan daging merata, cara itu lebih memuaskan dibanding memakai briket batu bara.

Pelanggannya dalam sehari mencapai 100-200 orang. Hari teramai biasanya Sabtu dimulai setelah makan siang. Pada hari lainnya, pelanggan biasanya datang sejak petang hingga menjelang tutup pukul 11 malam.

Charles punya jurus andalan untuk menghasilkan olahan baru. Ia membuat berbagai sajian dari wafel sampai kentang goreng, lalu meminta teman-teman pelanggannya mencicipi sekaligus menamainya. Jika banyak disukai orang, sajian itu akan dimasukkan ke daftar menu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.