Johnny Andrean

Johnny Andrean

USAHA
-Johnny Andrean Salon
-Bread Talk
-J. Co
-Roppan
-MAKO Cake and Bakery

GOSIPNYA
Lahir dari seorang penjual hasil bumi di Singkawang, Kalimantan Barat. Ia mendirikan salon kecil di garasi rumahnya di Pademangan Jakarta Utara tahun 1978 dengan bekal ilmu salon dari ibunya. Ia juga belajar ilmu kecantikan dari Alan International Jingles School London, Vidal Sasson Academy London, Alexander de Paris, Tony & Guy Academy London, dan Trevor Sorbie Academy London. Awalnya, dia belum mempekerjakan orang lain. GOSIPNYA hingga kini ia memiliki sekitar 200 gerai salon.

Ketika ia jalan-jalan di Singapura ia terkesan dengan sebuah roti yang menurutnya enak dan menarik. Maka pada tahun 2003, ia membawa gerai roti BreadTalk ke Indonesia. GOSIPNYA hingga kini sudah ada sekitar 60 gerai di seluruh Indonesia.

Tidak lama setelahnya, ketika ia jalan-jalan di Amerika Serikat, lagi-lagi ia terkesan dengan donat-donat di sana (GOSIPNYA sih ia kepincut dengan donat Krispy Kreme dan berusaha mendapat waralabanya tapi ditolak). Maka ia pun membuka gerai donat J. CO pada 26 Juni 2005. GOSIPNYA hingga kini sudah ada sekitar 100 gerai di seluruh Indonesia dan setiap gerainya menjual 200 donat tiap hari.

Johnny Andrean menjelaskan langkah-langkah yang dipakai ketika meluncurkan produk baru: "Yang pertama kami lakukan adalah mempersiapkan produk itu sendiri agar memiliki kualitas yang maksimal dan tentu saja produk tersebut harus berbeda dengan produk yang ada sebelumnya (unik). Setelah produk jadi, biasanya saya mengumpulkan seluruh tim untuk brainstorming mengenai produk tersebut, baik dengan pengujian (testing), penamaan (naming), pengemasan (packaging), sampai bagaimana mengampanyekan produk tersebut (launching).

Menurutnya jenis produk yang ia jual sudah ada sejak dulu, baik donat maupun roti. Namun ia menciptakan inovasi baru sehingga memiliki daya jual yang lebih dibandingkan dengan merek yang sudah ada sebelumnya.

Ketika ia jalan-jalan di Jepang, ia menemukan roti unik di daerah Roppongi. Ia pun lalu membuka Roppan (Roppongi Pan) di Indonesia pada tahun 2011. Istrinya, Tina Andrean berkata, "Biasanya apa yang menjadi ide itu kami coba dulu. Kalau nanti gagal, ya tidak apa-apa, karena gagal itu juga sebenarnya pelajaran. Melalui kegagalan kami belajar untuk masa yang akan datang. Kami tidak pernah takut gagal. Saya rasa semua orang berhasil harus gagal dulu.”

Pada 2 Desember 2019 BreadTalk Group mengakhiri perjanjian perusahaan patungan yang dibuat antara anak usahanya, BreadTalk International dengan PT Pura Indah Berkat (PIB) dari Indonesia. PT PIB akan memberikan sahamnya di PT BTG Pura Indah Berkat Venture sebesar 30% ke BreadTalk Pte. Dengan demikian BreadTalk Group akan menjadi pemilik penuh perusahaan patungan tersebut dengan komposisi saham BreadTalk International 70% dan BreadTalk Pte 30% di PT BTG Pura Indah Berkat Venture.

Pada 4 Desember 2020 gerai MAKO Cake and Bakery diresmikan di Jl. Merdeka no. 4 Bandung. Gerai ini merupakan premium Japanese boutique bakery yang terinspirasi dari toko roti Jepang yang terkenal dengan kebersihan dan desain minimalis tapi tetap otentik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.