Gapura Prima Group

Gunarso Susanto Margono
lahir 15 Maret 1940 di Jakarta
meninggal 18 Juni 2020
istri: Oey Widyawati
anak: Lily, Susiani, Heryani, Remi, Rudy

Oey Widyawati lahir 1945

GOSIP GUNARSO MARGONO
Gunarso Susanto Margono adalah anak ke 6 dari 7 bersaudara. Ia memulai usahanya dari hasil bumi dan tekstil pada tahun 1960. Tahun 1980 ia mendirikan Gapura Prima Group dan mulai membangun perumahan Asabri di Lampung yang lalu dilanjutkan dengan membangun rumah-rumah kecil di Cilegon, Bekasi, dan Bogor. Tahun 1987 bersama menantunya Chandra Tambayong, mereka mendirikan PT Perdana Gapura Prima (PGP) sebagai anak perusahaan yang bergerak di bidang properti.

Chandra Tambayong
lahir 2 Maret 1960 di Jakarta
istri: Susiani Margono
anak: Jessica Aurelia Tji lahir 1986
Yohanes lahir 1989
Joshua lahir 1992
Yonathan lahir 1996

Susiani Margono

Rudy Margono
lahir 8 Mei 1970 di Jakarta

GOSIP CHANDRA TAMBAYONG
Chandra Tambayong adalah anak ke 6 dari 10 bersaudara. Sejak kecil ia sudah terbiasa membantu orangtuanya berdagang 9 bahan pokok (sembako). Ia bersekolah di SMP dan SMA Kristen Pintu Air Jakarta dan melanjutkan pendidikan ke Universitas Yayasan Persada Indonesia jurusan Psikologi. Karena merasa bukan dunianya, ia memutuskan berhenti dan melanjutkan toko sembako orangtuanya. Pada 9 Desember 1984 ia menikah dengan Susiani Margono, putri Gunarso Margono, dan memulai bisnis properti.

Tahun 1985 Chandra mendapat order borongan untuk membebaskan tanah seluas 50 hektare di daerah Bekasi dari Grup Ciputra. Disana ia lalu membangun perumahan Pondok Hijau Permai. Ia lalu pindah ke Bandung dan mengerjakan proyek Margahayu Raya tahun 1988. Setelah itu ia membangun beberapa perumahan seperti Permata Cimahi, Bukit Permata Cimahi, BTN, IPTN, Bumi Paku Sarakan, Mutiara Cibabat, Taman Bunga Cilame, Tani Mulya Indah, Ruko Pungkur, Bandung City Square, Taman Raflesia, Kota Baru Arjasari, Bumi Asri Majalaya, serta Permata Banjaran.

Tahun 1989 ia mulai mendirikan perusahaan sendiri: Abadi Mukti Kirana (kini Bandung Inti Graha / BIG). Setiap proyek BIG memiliki perusahaan (PT) sendiri dan dibagi dalam 3 kelompok: Bandung Inti Residence yang menaungi apartemen, Informasi Rumah (perumahan), dan Grup Mal (pusat perdagangan). Tahun 1990 ia membangun perumahan Rahayu Garden. Bersama Istana Group ia membangun perumahan Graha Puspa. Setelah itu ia membangun perumahan Permata Harjamukti di Cirebon. Tahun 2001 ia bekerja sama dengan pengusaha garmen Herlan Hermawan untuk membangun Bandung Trade Center di Jl. Pasteur di atas lahan 1 hektare yang berisi 500 toko.

Bekerja sama dengan sejumlah mitra, pada tahun 2003 ia membangun 3 apartemen di Bandung yaitu The Majesty di Jl. Surya Sumantri (punya 341 unit), Grand Setiabudi Apartment & Hotel di Jl. Setiabudhi (235 unit), dan Galeri Ciumbuleuit di Jl. Ciumbuleuit (379 unit) dimana harga rata-rata per unitnya Rp. 400 juta - 1 milyar. Tahun 2004 ia bermitra dengan pemilik rumah makan Adem Ayem di Yogyakarta, Willy Widodo Herlambang dan ayahnya Sucipto Herlambang untuk membangun Solo Grand Mall. Tahun 2005 ia kembali bermitra dengan Willy Herlambang dan seorang pengusaha asal Jakarta, Kenneth Lie untuk membangun Pusat Grosir Solo. Tahun 2006 ia membangun Jatinangor Town Square (Jatos) di Sumedang di atas lahan seluas 2,6 hektare yang berisi 400 toko dan GOSIPNYA merupakan bekas pembuangan sampah. Awal Juni 2010 Pinewood Apartment mulai dibangun di Jatos.

Pada Juli 2008 Chandra mulai membangun superblok Solo Paragon di lahan seluas 4,1 hektare yang terdiri dari 208 unit apartemen, 237 unit kondotel, dan pusat perbelanjaan. Solo Paragon dibangun oleh BIG bersama Imelda Sundoro dari Grup Sun Motor. GOSIPNYA Chandra sebenarnya tidak berniat membangun Solo Paragon tapi menjadi bernafsu ketika bertemu walikota Solo, Joko Widodo, yang begitu bersemangat. GOSIPNYA konsep mix-used development Solo Paragon yang menggabungkan luxury apartment, citywalk, dan lifestyle mall merupakan yang pertama di Jawa Tengah. Bulan September 2010 apartemen Solo Paragon yang memiliki 24 lantai telah dapat digunakan. Kondotel dioperasikan oleh Tauzia, yang lebih dikenal dengan merek Hotel Harris sedangkan mal mulai beroperasi sejak akhir tahun 2011.

Menurut Rudy Margono kini Gapura Prima lebih memilih kondotel sebagai bisnis masa depan karena tingkat pengembalian usaha mal tidak maksimal, tingkat pengembalian modal shopping center terlalu lama, kondotel bisa balik modal dalam lima tahun apalagi di Bali, bisa kurang dari 5 tahun. Selain itu harga tanah di Bali cenderung naik karena tidak ada low season di sana. Kondotel juga hak milik dan dapat diwariskan turun temurun.

Meski bersaing ketat dengan Istana Group dan mengungguli para pengembang Bandung lain seperti Grup Margahayu, Grup Sanggar Abadi dan Grup Putraco, kini BIG mendapat perlawanan sengit dari para pengembang luar kota seperti Para Group dan Agung Podomoro Group.

Jessica Aurelia Tji
lahir 2 Oktober 1985 di Fresno, AS

GOSIP JESSICA TJI
Jessica sekolah di SMP dan SMA St. Hilda's Secondary School di Singapura. Setelah lulus kuliah di bidang real estate di California State University, Northridge, AS pada Agustus 2006, Jessica bekerja di bidang properti di Bandung dan di sebuah bank di Jakarta. Sambil bekerja, ia mengikuti kontes kecantikan dan ternyata perempuan bertinggi 170 cm itu berhasil menjadi Miss Bangka Belitung tahun 2007. Pada kontes Miss Indonesia 2007 ia terpilih sebagai Miss Favorit dan masuk 5 besar Miss Indonesia 2007. Selain menjadi Miss Indonesia, ia juga pernah terpilih menjadi Putri Pariwisata Indonesia 2009 dan Miss Earth Indonesia 2010.

Sejak November 2007 ia dipercaya menjadi Direktur PT Sunindo Gapura Prima dan mengelola superblok Solo Paragon. Sunindo Gapura Prima adalah perusahaan hasil gabungan Bandung Inti Graha dan Sunindo Primaland milik Grup Sun Motor.

Beberapa proyek yang pernah digarap Sunindo Gapura Prima:
-Hotel Novotel Solo
-Hotel Ibis Solo
-Best Western Premier Solo
-Solo Grand Mall
-Pusat Grosir Solo
-Hotel Novotel Semarang
-Phoenix Hotel Yogyakarta
-The Bellezza Apartment Jakarta
-The Bellagio Apartment Jakarta
- The Majesty Apartment Bandung
-Grand Setiabudi Apartment Bandung
-Galeri Ciumbuleuit Apartment Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.